Hart

Home » , » Penyebab baterai smartphone melembung

Penyebab baterai smartphone melembung

Penyebab baterai smartphone melembung dan cara mengatasinya


Baterai smartphone  yang menggelembung dapat disebabkan oleh berbagai macam masalah. Beberapa hal berikut seringkali dilakukan sehingga membuat baterai tidak awet.

1. Faktor usia menjadi penyebab paling umum memungkinkan membuat baterai smartphone mengembung
2. Membiarkan smartphone dicharge terlalu lama
3. Menelepon saat dicharge
4. Membiarkan smartphone berada pada suhu panas.

Hindari cara di atas mengingat baterai (terutama Lithium Ion) memiliki struktur yang tak stabil.
Baterai Li-Ion memang memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk digunakan pada berbagai macam jenis smartphone namun juga memiliki banyak kekurangan celah yang sempit antara sel dengan cover luar.

Jika baterai smartphone melembung, ikuti langkah langkah dibawah ini:

A. Jangan Charge Atau Gunakan smartphone
Bahwa baterai yang mengembung memiliki resiko yang lebih tinggi saat digunakan. Dan lebih berbahaya ketika di charge, karena kondisi di dalamnya yang lebih tidak stabil. Dan lebih parah lagi bisa meledak.

B. Segera cabut Baterai Dari smartphone,
Baterai yang melembung akan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk memperbesar ukurannya di kemudian hari. jika ingin menjaga kondisi hardware dari smartphone tidak terpengaruh, maka langkah paling mudah adalah dengan mencabut baterai dari smartphone.
Tindakan ini diperlukan karena baterai yang melembung dapat mendesak rangka di sekitarnya sehingga dapat menekan hardware, baterai bahkan dapat bocor karena tertusuk oleh bagian tajam yang berada pada casing belakang. Apabila smartphone dan baterai bertipe non removable, serahkan pada ahli untuk mencabutnya. Jangan coba coba untuk mencabutnya sendiri.

C. Jangan Membuang Baterai Yang Melembung Disembarang Tempat.
Hindari tindakan untuk membuang baterai yang melembung secara asal ke tempat sampah, karena kalau sampah dibakar akan menyebabkan baterai meledak.
Baterai harus diperlakukan secara khusus, dapat dibuang secara kolektif atau disimpan dengan baik.
Tidak semua negara mempunyai tempat untuk pembuangan sampah elektronik.

Berikut cara menghindari baterai melembung

1. Jangan Terus Menerus Di Charge

Sebisa mungkin untuk tidak men-charge baterai terlalu sering. Baterai mempunyai umur dan rentang ideal dalam jumlah charge. Semakin sering mengisi baterai, maka umur baterai tersebut juga akan berkurang.
Jangan biarkan smartphone tercolok terlalu lama pada charger ketika telah penuh. Ini dapat menaikkan suhu dan mengancam kualitas dari baterai tersebut.

2. Jaga Agar Baterai Tetap Dingin

Baterai yang awet adalah baterai yang disimpan dalam suhu yang normal. Suhu yang sangat panas dapat meningkatkan kerusakan. Hindari meninggalkan smartphone yang secara langsung terkena cahaya sinar matahari atau api unggun.

3. Pergunakan Charger yang Berkualitas

Charger yang bagus adalah charger yang berasal dari pabrikan asli. jika memang terpaksa menggunakan charger merk lain, pastikan untuk memeriksa kualitasnya.
Banyak sekali charger murah yang memiliki kualitas tidak baik dan kalau dipergunakan bisa merusak baterai dan smartphone anda.

4. Ganti Baterai Jika Dibutuhkan

Dengan bertambahnya usia, maka kualitas dari baterai akan terus berkurang. Mengganti baterai dengan yang baru merupakan langkah yang tepat, mengingat bahwa baterai yang lama terpakai memiliki beragam risiko tinggi yang bisa merusak smartphone anda.

Info semoga bermanfaat untuk anda.
Terima kasih

0 comments:

Post a Comment

Hart Indrabayu. Powered by Blogger.

Hart

Makanan yang membuat kehidupan seksual semakin panas

Beberapa Makanan yang Membuat kehidupan seksual semakin panas. Seksual yang sehat dan membara adalah hal yang dibutuhkan oleh pasangan ...